Monday 5 September 2016

HAUL MBAH K.H. ABDULLAH MUDZAKKIR TAHUN 1437 H /2016 M : MAU’IDHOH HASANAH OLEH DZURRIYAT




Rangkaian acara haul Mbah K.H. Abdullah Mudzakkir yang ke 66 yang berlangsung pada hari Sabtu 3 September 2016 lalu terdiri dari : pembacaan maulid Nabi Muhammad SAW, mau’idhoh hasanah, laporan keuangan, tahlil, dan diakhiri dengan do’a.

Ketika mau’idhoh hasanah, dijelaskan bahwa iman seseorang itu sempurna apabila mampu bersabar, ikhlas, dan bersyukur.

Bersabar artinya tidak mengeluh ketika sedang mendapatkan cobaan.
Ada empat macam bersabar yaitu : sabar ketika menjalankan kewajiban; sabar ketika mendapatkan musibah; sabar dalam mengendalikan sifat-sifat buruk yang umumnya dimiliki manusia seperti menghasut, mencurigai, bersu'udhon, dan lain-lain; dan sabar ketika dicoba menjadi orang fakir.

Beribadah hanya karena Allah SWT adalah merupakan tingkat keikhlasan yang paling tinggi. Tingkat keikhlasan dibawahnya adalah apabila beribadah karena mengharap masuk surga. Tingkat keikhlasan yang lebih rendah lagi adalah bilamana beribadah karena ingin mendapatkan pahala. Sedang bila beribadah dengan motif selain tiga macam maksud di atas maka ibadahnya tidak dapat diterima karena termasuk riak.

Kecuali bersabar, ikhlas, iman seseorang itu sempurna kalau juga senantiasa bersyukur yang berarti selalu mendayagunakan apa saja yang diberikan oleh Allah SWT ( semua nikmat dari Allah SWT) untuk kebajikan.

Sebelum membahas tingkat kesempurnaan iman telah dijelaskan pula tentang tiga golongan yang dapat memberikan syafa’at kepada kita yaitu : para nabi, para ulama, dan orang-orang sahid.


Rekaman Video : Mau'idhoh Hasanah














No comments:

Post a Comment